Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Bandung
Kuliner
Wisata
Home » Wisata

Pastikan Kamu Tidak Melakukan Ini Saat Naik Kereta Api

Submitted by on 10/06/2017 – 20:50
Share Button

Melakukan perjalanan dengan kereta api adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, tidak sedikit juga yang merasa kesal saat menggunakan jasa transportasi massal satu ini.

Penyebabnya tak lain adalah karena mereka pernah menjalani pengalaman buruk saat melakukan perjalanan di kereta api. Padatnya penumpang hingga berdesakan seperti saat masa mudik Lebaran seringkali membuat pengguna transportasi ini was-was dan takut untuk berada di dalam kereta.

kereta api

Sumber: yjcf360.com

Selain itu bisa saja penumpang mengalami kecopetan saat berada di kereta. Sehingga, membuat trauma muncul saat harus menaiki kereta api. Hal tersebut memang mungkin terjadi dan berdampak besar bagi seseorang. Namun, tahukah kamu jika ada hal lainnya yang lebih sepele, yang membuat seseorang menjadi trauma saat ingin menaiki moda transportasi ini?

Ya, dengan melupakan hal-hal sepele seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini, bisa jadi kamu menjadi trauma menggunakan kereta untuk perjalanan jarak jauh. Padahal, moda transportasi ini sudah sangat nyaman untuk digunakan, sehingga meminimalisir ketakutan dan trauma penumpang.

Tiket kereta api juga sudah semakin mudah untuk ditemukan. Pihak PT KAI telah melakukan kerjasama yang baik dengan pihak-pihak penyedia perjalanan online, seperti Traveloka, untuk membantu penumpang mendapatkan tiket miliknya.

Sistem pemesanan iket kereta api di Traveloka juga sudah dikemas dengan sangat mudah dan efisien. Dengan begitu setiap penumpang bisa dengan cepat memilih jadwal keberangkatan mereka setiap harinya.

Namun, lagi-lagi, jika penumpang melakukan kesalahan-kesalahan yang bersifat sepele, perjalanan dengan kereta api menjadi sangat tidak menyenangkan. Apa saja yang dimaksud dengan hal sepele tersebut?

  1. Lupa membawa kartu tanda pengenal
    Sebelum meninggalkan rumah, pastikan kamu membawa tanda pengenal berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli di saku atau dompetmu. Kartu ini sangat diperlukan untuk mempermudah proses untuk naik ke dalam kereta.

Kini pihak PT KAI telah mengharuskan setiap penumpang untuk menunjukkan KTP asli sebagai bukti keberangkatan. Nah, jika penumpang tidak bisa menunjukkan KTP atau kartu pengenal lainnya, jangan salahkan petugas jika perjalanan kamu harus ditunda bahkan dibatalkan.

  1. Tidak memperkirakan waktu

Sama halnya saat bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, sebagai penumpang kereta, kamu perlu memperkirakan waktu perjalanan dari rumah menuju stasiun asal. Jika biasanya kamu terbiasa tiba satu jam lebih awal saat menggunakan pesawat terbang, maka lakukanlah hal serupa saat hendak menaiki kereta.

Hitung waktu perjalanan normal ditambah dengan waktu kemacetan yang mungkin timbul saat perjalanan. Tibalah satu jam sebelum kereta berangkat, karena akan mempermudah kamu untuk melakukan berbagai aktivitas di stasiun seperti mencetak tiket dan mengantre memasuki pintu kereta.

  1. Lupa mencetak tiket
    Ini adalah salah satu hal sepele yang seringkali dilupakan oleh banyak penumpang kereta. Padahal, mencetak tiket di mesin pencetak yang telah disediakan di stasiun adalah hal yang wajib dilakukan.

Jika kamu memesan tiket perjalanan melalui sistem online, maka jangan lupakan hal ini. Dengan memiliki tiket resmi yang dicetak di stasiun, kamu bisa dengan tenang naik ke kereta.

  1. Lupa menempatkan tiket
    Setelah melupakan mencetak tiket, seringkali penumpang lupa menempatkan tiket yang telah mereka miliki. Tiket hendaknya diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau dan sulit untuk dijangkau oleh orang lain, seperti di saku, kantong tas atau dompet.

Tiket tidak hanya diperlukan saat hendak menaiki kereta. Petugas juga biasanya akan mengecek kepemilikan tiket dan nomor tempat duduk saat kereta tengah berjalan. Jika penumpang terbukti tidak memiliki tiket, maka petugas tidak segan untuk menurunkan mereka pada stasiun selanjutnya. Kamu tentu tidak mau hal ini terjadi saat perjalananmu berlangsung, bukan?

  1. Lupa membawa camilan dan gawai
    Camilan dan gawai adalah benda-benda yang wajib dibawa saat menggunakan kereta. Dengan adanya kedua jenis benda tersebut, maka perjalanan di kereta menjadi terasa lebih singkat dan bebas bosan. Kamu bisa menikmati pemandangan dari jendela kereta sambil menyantap camilan atau menghabiskan game di gawai kesayanganmu.

Itulah lima hal sepele yang seringkali dilupakan para pengguna kereta api. Dengan mengingat kelima hal tersebut, maka perjalanan di kereta menjadi lebih tenang, menyenangkan dan bebas trauma.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.