Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/pasinfo/public_html/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1786
Pantai Karang Tawulan | Informasi Tatar Pasundan

Pantai Karang Tawulan

Share Button

SUASANA alami dan sepi seakan seperti bukan umumnya kawasan wisata, menyambut kita begitu sampai di kawasan Pantai Karang Tawulan. Sejauh mata memandang terlihat sejumlah karang menjulang diterpa gelombang laut selatan, suara gelegar pun terdengar cukup menyeramkan.
Nama objek wisata Pantai Karang Tawulan, berlokasi di Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, tentu masih sangat asing. Tidak demikian halnya dengan penghobi travelling, objek wisata yang jaraknya sekitar 90 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya, terbilang akrab.

tawulan2

Tidak hanya Pantai Karang Tawulan, wisatawan yang menggunakan rute Tasikmalaya-Singaparna-Cipatujah, sebelumnya akan melewati objek wisata Pantai Sindangkerta, Cipatujah, Pamayangsari, dan akhirnya berujung di objek wisata Karang Tawulan. Jarak antaraobjek wisata Sindangbarang ke Pamayangsari hanya tujuh kilometer. Sedangkan, ke Karang Tawulan yang merupakan perbatasan Kab. Tasimalaya dengan Ciamis jaraknya 13 kilometer.
Eksotik dan alamiah, demikian sejumlah wisatawan mengungkapkan panorama kawasan objek wisata Karang Tawulan. Dibandingkan dengan objek wisata Sindangbarang dan Pamayangsari yang berkarang curam dan ombak besar, Pantai Karang Tawulan cenderung landai. Sejumlah lokasi cukup aman dipergunakan untuk berenang.
Oleh karena itu, kebanyakan wisatawan yang datang berkunjung ke Karang Tawulan, umumnya tidak hanya untuk berenang di tengah sengatan matahari. Akan tetapi, juga menikmati alam dengan segala keindahannya, terutama sore hari menjelang petang.
Ya, menjelang petang kita seakan diajak untuk mengagumi karunia ciptaan Tuhan yang sangat indah dan sulit diungkapkan. Kita dapat menyaksikan sekawanan burung camar berarak pulang menuju sarangnya di Nusa Manuk, pulau kecil agak ke tengah laut. Di antara kepakan sayap dan suara riuh burung-burung menuju Nusa Manuk. Kalau udara sedang cerah, kita dapat menyaksikan matahari tenggelam di balik punggung Nusa Manuk. “Inilah kelebihan objek wisata Karang Tawulan yang belum sepenuhnya tergali dan dipublikasikan,” ujar Wawan Irawan Kasi Kelembagaan Pariwisata Subdin Kepariwisataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat.
Mendekati malam, suara ombak semakin bergemuruh, pecah sebelum tiba di pantai. Di antara buih-buih putih, kawanan burung laut berebut ikan-ikan kecil yang terlempar.
tawulan3

Seperti umumnya kawasan objek wisata pantai, di Pantai Karang Tawulan, makanan khas ikan-ikan laut menjadi menu utama. Bahkan kalau sedang musimnya, ikan-ikan laut asal Pamayangsari, harganya dijamin sangat murah dibandingkan dengan objek wisata pantai mana pun.
Biasanya, nasi yang disuguhkan untuk menemani ikan dibakar atau digoreng, ditabur sambal hijau berbahan dasar tomat muda dan cabai hijau. Nasi tersebut adalah beras huma merah. Sementara itu, air minum yang dihidangkan berupa teh tubruk diberi gula batu.
Bila sedang musim penyu bertelur, terutama saat terang bulan purnama, dari tengah malam hingga pukul 3.00 WIB, kita dapat menyaksikan penyu bertelur. Lokasi paling banyak terutama di kawasan Pantai Pamayangsari yang pantainya cenderung masih tertutup tanaman pantai.
Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke kawasan objek wisata Pantai Selatan Tasikmalaya atau yang terkenal dengan Pantai Cipatujah jarang menginap di pondokan kalau bukan pergi bersama keluarga. Pasalnya, menjelang pagi, pukul 5.30 WIB kita dapatmenyaksikan air laut yang surut hingga meninggalkan batu karang yang cukup luas.
Saat berjalan menikmati udara pagi di bebatuan tersebut, kita juga dapat menyaksikan sejumlah hewan laut kecil aneka warna di antara celah karang. Kumang atau siput laut mudah ditangkap.

Karang Tawulan
Waktu satu hari penuh kiranya tidak akan cukup untuk menikmati kawasan Pantai Selatan Tasilmalaya yang luasnya mencapai 115 hektare tersebut. Sejak bangun tidur hingga akan kembali terlelap. Pantai Karang Tawulan tidak hanya menyuguhkan keindahan pantainya, tetapi juga menyuguhkan berbagai peristiwa alam yang menjanjikan keindahan.
Pantai Karang Tawulan dapat menjadi salah satu tujuan wisata karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Pangandaran. Untuk menuju objek wisata Karang Tawulan, akan melewati objek wisata Pantai Sindangkerta, Cipatujah, Pamayang, dan objek lainnya yang berada di sisi kanan jalan.

25 Comments on Pantai Karang Tawulan

  1. duh pengen banget ke pantai karang tawulan indah nya bukan maen,…..
    kapan ya gw bs ke situ,…..?
    kra2 klo di tmph dri jakarta brapa kilo ya,……?
    rutenya lewat mn ya,…….?
    rme ga ya,…..situasi disana,…..klo hri biasa,…….?apa tergantung musim,,….!

    • wwaaahh..akk kmaren ksana
      ternyata sngat indah dan cocok untuk tempat beristirahat ..
      tenang dan sejuk … :))

  2. pantai itu sangat sunyi dan sejuk…,tidak terlalu banyak orang sehingga menimbulkan ketenangan.

  3. Saya waktu lebaran maen ke kr Tawulan….., Jd Inget Tanah Lotnya Bali, tapi kalo di Bali rame banyak orang kalo disana sepi enak suasanya…cocok untuk merenung sambil bertafakur kebesaranNya

  4. MANTAP!
    Penuturan kata yang membuat pembaca pasti tertarik untuk mengunjungi panatinya, apalagi dengan dilengkapi foto-foto yang bagus sekali, maaf ya..tapi malah foto-foto tersebut justru yang membuat saya heran, kok ada ya di Tasik tempat seindah itu, pantai lagi.
    Rupanya Indonesia masih enggan bangun dari keterpurukan padahl banyak sekali tempat wisata alam yang jika dipromosikan dengan serius maka akan menjadi pendapatan negara yang bisa mematahkan krisis ekonomi, siapa tahu kan?
    Kapankah ada tuan-tuan yang mau perduli sementara masyarakat tinggal tunggu realisasi dan tentunya jika difasilitasi apalagi dalam keadaan krisis seperti ini, mereka khususnya masyarakat sekitar pantai, dapat mengais rejeki yang Insya Allah halal.

    Terimakasih untuk pagi ini mendapat informasi sebagus ini.
    http://ratihra.blogspot.com

  5. emang bener ; karangtawulan emang bagus banget view nya…aku sempet foto di depan karang nya.. keren..daripada pangandarang yang kotor dan dekil :p

    tapi aku ada saran buat temen2..kalo pantai yang lebih bagus lagi ada di pantai selatan jawa timur,yaitu di pacitan. namanya pantai buyutab, wuih keren banget.. jalan nya amit2..harus turun hutan dulu baru bisa menikmati pantai nya

  6. pantai karang tawulan emang benar pantainya yang bersih dan indah, tapi kurang perhatian dari pihak terkait untuk mempromosikannya. saya sebagai penduduk setempat merasakan hal itu, oleh karena itu kepada teman2 yang pernah kesana tolong di promosikan kepada teman2 nya.

  7. saya sering bgt prgi ke krang taulan.
    bner bgt enak bgt suasana pantai itu.
    tiap x aq bwa tmn k sna tmn aq gx ad yg kcewa,psti dch kecanduan…
    apalagi tiap aq k sna gx byar krcis…hehe…(kenal m pnduduk stempt sch).
    klo d bilang udah gx kebilang dch pkonya.
    gx prcy?tanya aja m pnduduk stmpat psti dch mreka tau aq.
    pantai karang tawulan is the best…

  8. Lepat panginten Kang Upami ti Sindang Barang ka Pamayang sari 7km, ka Kr, Tawulan 13 ku raraosan mah langkung da tebih pisan ti Snd Barang Kab. Cianjur dugi ka Kr. Tawulan Kab. Tasik Mly teh upami jalur pesisir mah kedah ngalangkung ka Kab. Bdg sr Kab Garut, nuhun sakadar koreksi we

  9. Leres pisan,abdi sbg pendu2k asli cikalong merasakn hal yg sama,pntai krg tawulan kurg prhtian dr pemerintah,apalagi stlh trjd gempa+tsunami,acak2an deh… Jd sya mwakili wrg cikalong mohon kpd pemerintah utk memperbaiki sarana yg ada d pntai krg twulan.

  10. Duh …. indahnya panorama alam Pantai Karang Tawulan …. bagus juga utk dijadikan background syuting film … kali kali aja ada syuting film bollywood yg tema nari n nyanyinya memakai background pantai karangtawulan …. bisa jadi pemasukan buat pendapatan negara sekaligus promosi ke mancanegara …….bahwa kebudayaan indonesia khususnya Pantai kArang tawulan tdk kalah bersaing dng 7 keajaiban dunia lainnya…….

  11. “Karang Tawulan… pantai yang begitu Indah menawan.. sayang nasibmu tak se elok rupamu. kamu terlupakan diantara deretan wisata pantai yang jauh lebih buruk dari rupamu…”
    Saya tinggal amat jauh dari karang tawulan. lebih dari 500 Km harus saya tempuh untuk datang ke sana. tapi karena cinta keindahan dan rindu dengan suasananya yang sepi,sejuk,tenang dan rindang aku selalu datang kesana.. mengagumi ciptaan Yang Kuasa amat terasa.. Sungguh LUAR BIASA….

      • Dari Jakarta ngmabil jalan melalui Tasik lewat Bandung.menuju Pantai Karangtawulan bisa lewat Jalur Tasik-Cikalong 80 km atau Tasik-Cipatujah melalui pantai jaraknya lebih jauh.Dari Cikalong menuju arah Pangandaran. Cikalong-KarangTawulan 17 km.Dijamin kesengsem

  12. karang tawulan kau bersejarah bnget bagi qu dengan keindahan’y,panorama,dan alam asri’y,, membuat saya terpukau n pingin k sana lagi, ,

    • dan ku kan secepat’y kesana lagi, , ,

  13. karang tawulan kau bersejarah bnget bagi qu dengan keindahan’y,panorama,dan alam asri’y,, membuat saya terpukau n pingin k sana lagi, , SUASANA alami dan sepi seakan seperti bukan umumnya kawasan wisata, menyambut kita begitu sampai di kawasan Pantai Karang Tawulan. Sejauh mata memandang terlihat sejumlah karang menjulang diterpa gelombang laut selatan, suara gelegar pun terdengar cukup menyeramkan.

  14. Di panatai terasa … terbang lepas bebas.Terbetrik di jiwa Alloh Yang Mencipta Segalanya luuuaarr Biiassaaaaaa..Subhanalloh sekalie..mudah2n..suatu saat sy dapat kesana.Amien. :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*