Ternyata Ini Penyebab Setir Mobil Menjadi Berat

Share Button

Ternyata Ini Penyebab Setir Mobil Menjadi Berat – Walaupun kini sudah semakin banyak jenis atau type mobil yang menggunakan tekhnologi power streering. Namun ternyata masih banyak pula yang merasakan kalau putaran pada lingkar kemudi menjadi lebih berat dibandingkan dengan biasanya. Walaupun memang hal ini jarang sekali terjadi, akan tetapi masih banyak pula yang belum mengetahui penyebabnya. Tentunya jika dibiarkan begitu saja, maka akan membuat kurang nyaman, dan selain itu juga banyak sekali para pengemudi yang justru salah dalam menduga bagian atau komponen mana yang mengalami kerusakan. Jika sudah begitu, tentunya akan semakin membuat isi kantong semakin terkurang. Karena banyak sekali melakukan pergantian. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda simak mengenai penyebab terjadinya setir mobil yang menjadi berat, diantaranya yaitu :

  1. Hal pertama yang harus anda pahami dan juga perhatikan adalah saat akan mengganti dimensi ban dan juga lingkar roda. Jika pergantian dimensi menjadi lebih besar, biasanya justru akan membuat lingkar kemudi menjadi lebih berat. Contohnya adalah jika ban yang digunakan standarnya adalah berukuran 13 inc dengan tapak halus, namun anda ganti denngan ukuran 15 inci, dengan tapak yang kasar. Hal tersebut memang bisa memicu setir mobil akan terasa lebih berat saat dikemudikan.
  2. Faktor lainnya adalah ban yang sudah botak alias gundul pun bisa menjadi salah satu pemicu putaran lingkar pada kemudi terasa lebih berat. Karena jika ba sudah bitak alias gundul. Area kontak dengan aspal menjadi lebih banyak. Selain itu juga, ban yang sudah gundul pun lebih rawan akan pecah, dan membuat tenaga tangan juga menjadi lebih besar. Oleh karena itu, sebaiknya ganti ban mobil anda jika sudah terlihat gudul alias botak.
  3. Selain itu, tekanan angin pada ban yang kurang pun bisa menjadi salah satu penyebab setir kemudi mobil menjadi lebih berat. Jadi chek terlebih dahulu tekanan angin pada mobil anda, supaya mengemudi pun bisa terasa lebih nyaman lagi.
  4. Jika terjadi kerusakan pada sistem power streeing pun bisa membuat lingkar pada kemudi setir mobil menjadi berat. Namun untuk jenis mobil yang non elekterik powert steering, sebaiknya chek kinerja dair pompanya.
  5. Chek atau perhatiikan tingkat dari keselarasan roda, yang ternyata bisa juga mempengaruhi gerak lingkar pada kemudi. Karena kalau keselaran roda tidak seimbang, maka akan membuat kemudi juga kurang enak. Sehingga bisa membuat lingkar kemudi mobil pun menjadi terasa lebih berat.

Bagaimana, sekarang sudah paham dan mengerti apa sajakah penyebab setir mobil kemudi menjadi lebih berat? Semoga artikel dan tips yang sudah dibagikan ini bermanfaat. Anda bisa mendapatkan artikel otomotif menarik lainnya dengan mengunjungi situs beritaoto.net

About Admin 87 Articles
Informasi Tatar Pasundan | Sunda Jawara | Contact : admin@pasundan.info

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*