Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Bandung
Kuliner
Wisata
Home » Berita, Subang

Terjatuh dari Lantai 2, TKW Asal Subang Dipulangkan dari Abu Dhabi dalam Keadaan Lumpuh

Submitted by on 29/08/2017 – 23:20
Share Button

 

 

Nuraeni terlahir sebagai anak ke-2 dari 4 bersaudara dari keluarga yang kurang mampu. Kondisi ekonomi dan kesempatan kerja yang kurang di daerahnya sendiri membuat Nuraeni memutuskan untuk menjadi TKW.

Nuraeni pun berangkat menjadi TKW di Abu Dhabi.

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, baru 4 bulan bekerja di Abu Dhabi, Nuraeni mendapat musibah jatuh dari lantai 2.

Majikannya sempat membawa Nuraeni berobat ke Rumah Sakit di sana, tapi kemudian Nuraeni pun dipulangkan ke Indonesia. Selama dipulangkan, majikan Nuraeni mengirim uang 1 juta selama tiga bulan berturut-turut untuk membantu biaya pengobatan Nuraeni. Sampai akhirnya bantuan dihentikan dengan alasan majikannya sudah banyak keluar uang. Sementara agen yg menangani Nuraeni seakan tutup mata dengan kejadian ini.

Padahal menurut UU No. 39 tahun 2004, tentang Penempatan Tenaga Kerja dan Pelindungan TKI ke Luar Negeri, menegaskan perusahaan tenaga kerja / agen wajib memberikan jaminan perlindungan pra dan pascapenempatan TKI di negara tujuan, termasuk perlakuan buruh, kecelakaan kerja, dan hak asasi manusia.

Teman-teman dari Pesbuker Subang yang diwakili oleh Kang Ajay, Enok Juariah, Mellmell dan dibantu oleh Rega, Arif Firmansyah, Akeng Az Lah Abdulrahman, Mansur Bin Anen, Franshiskha kemarin sempat melakukan kunjungan ke rumah Nuraeni yang tidak layak huni.

 

Ayah Nuraeni, Bapak Bandi, telah berpulang karena sakit menahun pertengahan bulan Agustus kemarin. Kini Nuraeni yang tinggal bersama ibu dan kedua adiknya tidak bisa berjalan. Bahkan untuk berdiri pun harus dibantu. Meski begitu Nuraeni masih memiliki kemauan yang keras agar bisa berjalan lagi seperti sedia kala. Terbukti meski dengan hanya alat yang seadanya, berupa bambu panjang yang diikat, Nuraeni rutin berlatih berdiri di depan rumahnya.

Keinginan Nuraeni tidaklah banyak. Setengah berbisik, Nuraeni berucap kalau dia hanya ingin sembuh agar bisa membantu ibu dan adik-adiknya.

(Sumber tulisan Hasil survey Enok Juariah & Team PBS)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.