Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Info Kuliner
Info Wisata
Wisata
Home » Bandung, Berita

Netizen Heboh! Patung Cendekiawan di Bandung Menghilang!

Submitted by on 01/07/2017 – 06:50 One Comment

Warga Bandung tentunya sudah tidak asing lagi dengan Patung Cendekiawan yang berada di perempatan Jalan Cihampelas – Purnawarman. Patung ini sempat menjadi polemik di awal pendiriannya, karena dinilai tidak memiliki makna. Bahkan sebagian warga menganggap patung ini sebagai simbol penyambut dajal. 

Patung yang dibuat oleh Ketut Winata, alumni Fakultas Seni Rupa  ITB asal Bali ini berbentuk seorang pria setinggi 6 meter yang berdiri dengan tegak dan ditopang segitiga berbentuk piramid.

 Mata patung tersebut terlihat tertutup dengan telapak tangan kiri mengeluarkan api. Sedangkan tangan kanan patung terlihat mengucurkan air. Patung sendiri menghadap ke arah Jalan Cihampelas Atas.

 
Pendirian patung yang diprakarsai oleh Inkindo, asosiasi perusahaan konsultan independen ini merupakan bentuk ucapan terimakasih dari Inkindo kepada Kota Bandung yang sudah banyak melahirkan para cendekiawan di Indonesia.

Namun pada tanggal 1 Juli kemarin, Netizen dibuat heboh dengan berita menghilangnya Patung Cendekiawan ini. 

Berawal dari status Abenk Jipatlapan yang mempertanyakan hilangnya Patung Cendekiawan, tanggapan Netizen pun beragam. 

 

Tanggapan dari netizon pun beragam. Seperti tanggapan dari netizen Roni Romadon yang menyatakan kalau Patung Cendekiawan ini sedang mudik, maklum namanya juga lebaran. 

Nuju mudik pngnteun mang ~ Roni Romadon.

Ada pula komentar dari netizen lain yang tak kalah kocak, 

Aya kang.. Tapi patung na nuju nyandak hela gaji… Berdiri wae di bunderan ge pan kedah di gaji panginten…hhheeee ~ Sandy Zeronine

Jigana keur balanja jeans ka cihampelasRahadyan Gunawan 

Tapi tak sedikit netizen yang berkomentar serius.

Punten.. patung eta tos lami di protes ku banyak pihak.. makanya secara diam” pemkot menarik patung tsb.. nuhun.. ~ Irwan Muchtar 

Lalu kemana sebenarnya Patung Cendekiawan ini?

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Arief Prasetya memberikan klarifikasi soal hilangnya patung Cendekiawan. Menurut dia, patung itu dibongkar oleh tim dinas terkait dengan penataan taman. Waktu pembongkaran dua hari menjelang Lebaran.

“Mohon maaf patung Cendekiawan itu sedang kita perbaiki pulau tamannya maupun penempatan kembali patung tersebut pada lokasi yang tepat sesuai dengan tema patung tersebut,” katanya, Ahad, 2 Juli 2017.

Saat ini Patung Cendekiawan telah teronggok di area parkiran Kolam Renang Tirtalega, Kota Bandung.

(Sumber Gambar: Pikiran Rakyat)

Jika ditempatkan di lokasi yang tepat, semoga Patung Cendekiawan ini tidak menuai polemik. Sayang kan uang yang sudah dikeluarkan untuk membuat patung ini. Sayang juga ide dan karya yang tidak bisa dihargai oleh materi. Atau, kenapa tidak dibuat patung yang melambangkan kecerdasan di budaya Sunda saja ya? Astrajingga mungkin?

 

(Sumber Gambar: @astrajingga28)

 

One Comment »

  • Di cianjur semua patung atau tugu diganti oleh ayam pelung, botol tauco, padi pandan wangi dan tugu yg ujungnya ada kaligrafi (blm tau apa namanya)

    padahal insfrastruktur yg lebih penting seperti jalan butuh perbaikan juga banyak. Kenapa yg sudah berdiri bagus di kota lagi malah dirombak sementara yg kudu dibangun malah dibiarkan.

    Pencitraan. Hoyong katanggar kunu ngalangkung ari jerona butrak batrek…

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.