Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Info Kuliner
Info Wisata
Wisata
Home » Advertise, Berita

#MariBerdigital: Gerakan Nasional Mendigitalisasi 58 Juta Bisnis Lokal Indonesia

Submitted by on 19/05/2017 – 07:47

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak lepas dari kontribusi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai lapangan usaha. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mencatat kontribusi sektor UMKM meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen. Tak hanya itu, sektor UMKM juga telah membantu penyerapan tenaga kerja di dalam negeri. Serapan tenaga kerja pada sektor UMKM tumbuh dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen dalam periode lima tahun terakhir.

Hal ini disampaikan pula oleh Pak Agus Muharram, MSP, Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM pada acara Gerakan Nasional Mendigitalisasi 58 Juta Bisnis Lokal di Indonesia yang diadakan pada tanggal 18 Mei 2017 di Gedung Graha Pos Jl. Banda Bandung.

Di era digital seperti sekarang ini, tingginya tingkat penetrasi Internet di Indonesia, belum termasuk potensi luar biasa yang masih tersimpan, serta maraknya tren pencarian informasi atau pun pembelian produk melalui media online merupakan peluang bagi UMKM dalam mengembangkan bisnis dan pangsa pasarnya.

Tak dipungkiri, lebih dari 250 juta penduduk Indonesia berpotensi menjadi konsumen UMKM. Kebutuhan yang muncul pun beragam mulai dari produk hingga jasa online. Mengoptimalkan jumlah UKM berdigital demi memenuhi kebutuhan penduduk ini menjadi agenda dari Gerakan Nasional – Mari Berdigital Bandung.

”Menyambut Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2017, gerakan yang disponsori oleh Midtrans dan Indosat Ooredoo ini akan dialiri semangat membangkitkan ekonomi lokal dengan mendukung UKM Indonesia go-digital,” ujar Bapak Rama Dhonanto, selaku Managing Director bDigital Indonesia.

Yang berbeda dari Gerakan Nasional kali ini adalah adanya kurikulum yang dikemas khusus oleh komite untuk pengembangan bisnis UKM Indonesia. Demi mewujudkan kurikulum ini, ada 3 arena berbeda di Lantai 8 Gedung Graha Pos Bandung . Arena pertama adalah Conference Arena, tempat pengunjung disuguhkan dengan acara utama dan panel diskusi bersama para ahli yang berkompeten di bidangnya.

2 arena lainnya adalah Arena Workshop Digital dan Bisnis. Di arena Tech & Digital, pengunjung diedukasi bagaimana cara beriklan di Google, hingga strategi mendigitalisasi bisnis dari pakarnya berdasarkan kurikulum seputar digital marketing, eCommerce, dan media sosial. Sementara di arena Business Growth, hadir komunitas UKM dan business coach ternama yang membantu UKM mengembangkan bisnis dari segi finansial, branding dan hukum. Peserta seminar di arena ini akan diperkaya ilmunya baik itu untuk mengembangkan bisnis maupun kiat sukses dari pembicara ahli. 

Turut hadir di konferensi pers adalah Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia; Bapak Agus Muharram, Country Director CSR IBM Indonesia; Ibu Santi Diansari, Managing Director bDigital Indonesia; Bapak Rama Dhonanto, dan Ketua Pelaksana Gerakan Nasional – Mari Berdigital; Bapak Soni Jiferson.

Partner yang senantiasa turut menyukseskan acara adalah Lazada, Tech in Asia, Daily Social, TDA Bandung, Indigo Creative Nation dan masih banyak lagi. Lebih dari 30 booth bisnis berdigital juga mewarnai one-day conference di Lantai 8, Gedung Graha Pos, Bandung.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.