PERSIB Boyong 18 Pemain ke Malang
23/05/2014 – 16:24 | No Comment

Pelatih PERSIB Djadjang Nurdjaman memboyong 18 pemain ke Malang untuk melakoni laga tandang menghadapi Arema Cronous di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (25/5). Supardi dan Djibril Coulibaly yang sebelumnya sempat mengalami cedera juga turut dibawa Djanur …

Read the full story »
Wisata

Kuliner

Cerita & Legenda

Seni & Budaya

NgoPer

Ngobrol seru tentang Persib

Home » Cerita & Legenda

Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Submitted by on 31/12/2008 – 22:1933 Comments
Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu
Share Button

Di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bandung terdapat sebuah tempat rekreasi yang sangat indah yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu artinya adalah perahu yang terbalik. Diberi nama seperti karena bentuknya memang menyerupai perahu yang terbalik. Konon menurut cerita rakyat parahyangan gunung itu memang merupakan perahu yang terbalik. Berikut ini ceritanya.
legenda-sangkuriang
Beribu-ribu tahun yang lalu, tanah Parahyangan dipimpin oleh seorang raja dan seorang ratu yang hanya mempunyai seorang putri. Putri itu bernama Dayang Sumbi. Dia sangat cantik dan cerdas, sayangnya dia sangat manja. Pada suatu hari saat sedang menenun di beranda istana, Dayang Sumbi merasa lemas dan pusing. Dia menjatuhkan pintalan benangnya ke lantai berkali-kali. Saat pintalannya jatuh untuk kesekian kalinya Dayang Sumbi menjadi marah lalu bersumpah, dia akan menikahi siapapun yang mau mengambilkan pintalannya itu. Tepat setelah kata-kata sumpah itu diucapkan, datang seekor anjing sakti yang bernama Tumang dan menyerahkan pintalan itu ke tangan Dayang Sumbi. Maka mau tak mau, sesuai dengan sumpahnya, Dayang Sumbi harus menikahi Anjing tersebut.

Dayang Sumbi dan Tumang hidup berbahagia hingga mereka dikaruniai seorang anak yang berupa anak manusia tapi memiliki kekuatan sakti seperti ayahnya. Anak ini diberi nama Sangkuriang. Dalam masa pertumbuhannya, Sangkuring se lalu ditemani bermain oleh seekor anjing yang bernama Tumang yang dia ketahui hanya sebagai anjing yang setia, bukan sebagai ayahnya. Sangkuriang tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan dan gagah perkasa.

Pada suatu hari Dayang Sumbi menyuruh anaknya pergi bersama anjingnya untuk berburu rusa untuk keperluan suatu pesta. Setelah beberapa lama mencari tanpa hasil, Sangkuriang merasa putus asa, tapi dia tidak ingin mengecewakan ibunya. Maka dengan sangat terpaksa dia mengambil sebatang panah dan mengarahkannya pada Tumang. Setibanya di rumah dia menyerahkan daging Tumang pada ibunya. dayanng Sumbi yang mengira daging itu adalah daging rusa, merasa gembira atas keberhasilan anaknya.
Segera setelah pesta usai Dayang Sumbi teringat pada Tumang dan bertanya pada pada anaknya dimana Tumang berada. Pada mulanya Sangkuriang merasa takut, tapa akhirnya dia mengatakan apa yang telah terjadi pada ibunya. Dayang Sumbi menjadi sangat murka, dalam kemarahannya dia memukul Sangkuriang hingga pingsan tepat di keningnya. Atas perbuatannya itu Dayang Sumbi diusir keluar dari kerajaan oleh ayahnya. Untungnya Sangkuriang sadar kembali tapi pukulan ibunya meninggalkan bekas luka yang sangat lebar di keningnya.Setelah dewasa, Sangkuriang pun pergi mengembara untuk mengetahui keadaan dunia luar.

Beberapa tahun kemudian, Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita yang sangat cantik. Segera saja dia jatuh cinta pada wanita tersebut. Wanita itu adalah ibunya sendiri, tapi mereka tidak saling mengenali satu sama lainnya. Sangkuriang melamarnya, Dayang Sumbi pun menerima dengan senang hati. Sehari sebelum hari pernikahan, saat sedang mengelus rambut tunangannya, Dayang Sumbi melihat bekas luka yang lebar di dahi Sangkuriang, akhirnya dia menyadari bahwa dia hampir menikahi putranya sendiri. Mengetahui hal tersebut Dayang Sumbi berusaha menggagalkan pernikahannya. Setelah berpikir keras dia akhirnya memutuskan untuk mengajukan syarat perkawinan yang tak mungkin dikabulkan oleh Sangkuriang. Syaratnya adalah: Sangkuriang harus membuat sebuah bendungan yang bisa menutupi seluruh bukit lalu membuat sebuah perahu untuk menyusuri bendungan tersebut. Semua itu harus sudah selesai sebelum fajar menyingsing.

Sangkuriang mulai bekerja. Cintanya yang begitu besar pada Sangkuriang memberinya suatu kekuatan aneh. Tak lupa dia juga menggunakan kekuatan yang dia dapat dari ayahnya untuk memanggil jin-jin dan membantunya. Dengan lumpur dan tanah mereka membendung air dari sungai dan mata air. Beberapa saat sebelum fajar, Sangkuriang menebang sebatang pohon besar untuk membuat sebuah perahu. Ketika Dayang Sumbi melihat bahwa Sangkuriang hampir menyelesaikan pekerjaannya, dia berdoa pada dewa-dewa untuk merintangi pekerjaan anaknya dan mempercepat datangnya pagi.

Ayam jantan berkokok, matahari terbit lebih cepat dari biasanya dan Sangkuriang menyadari bahwa dia telah ditipu. Dengan sangat marah dia mengutuk Dayang Sumbi dan menendang perahu buatannya yang hampir jadi ke tengah hutan. Perahu itu berada disana dalam keadaan terbalik, dan membentuk Gunung Tangkuban Perahu(perahu yang menelungkub). Tidak jauh dari tempat itu terdapat tunggul pohon sisa dari tebangan Sangkuriang, sekarang kita mengenalnya sebagai Bukit Tunggul. Bendungan yang dibuat Sangkuriang menyebabkan seluruh bukit dipenuhi air dan membentuk sebuah danau dimana Sangkuriang dan Dayang Sumbi menenggelamkan diri dan tidak terdengar lagi kabarnya hingga kini.

33 Comments »

  • bintang says:

    kok ceritanya nda ada versi bahasa inggris sih???????

    plisszzzz kasih cerita pake bahasa inggris

  • Boy Satrio says:

    Any one who can tell us how Dayang Sumbi Looks alike? we need some one who can tell about her because someone want to make a painting of her. Is she tall? how is her dress? etc etc. This legend can be promoted as local legend.

  • DINDA HELENA says:

    hai salam kenal aq dinda ,aku tinggal dikota bogor ,aku bersekolah di SMP ADDINA -CIAWI please tolong tambahin lagi cerita legenda karena kalau ada waktu luang aku suka merasa jenuh.
    oh yah salamkenal buat Boy Satrio

  • DINDA HELENA says:

    hai salam kenal aq dinda ,aku tinggal dikota bogor ,aku bersekolah di SMP ADDINA -CIAWI please tolong tambahin lagi cerita legenda karena kalau ada waktu luang aku suka merasa jenuh.
    oh yah salam kenal

  • mr_milan says:

    kenapa kamu ga ngtasihhh b.sunda siiii

  • riki says:

    saya sangat senang sekali sama cerita2 legenda jadi menambah wawasan tentang cerita2 tempo dulu,saya pikir bahwa legenda itu benar adanya dan pernah terjadi seawaktu indonesia itu masi banyak kerajaan2 dan memang manusia jaman dulu sakti sakti jadi bisa saja cerita itu memang benar. tapi kalo ada yang menganggap legenda itu hanya fiksi berarti dia tidak menghargai nenek moyang tempo dulu dan tidak menghargai sejarah bangsa kita.

  • ratih maryam says:

    terimakasih telah memberikan saya informasi mengenai legenda Ciung Wanara dan Tangkuban Parahu. Meskipun sempat bersitegang dengan emak saya, karena menurut ceritanya, ibu dari Ciung Wanara bukan Pohaci, karena Pohaci adalah ibu dari Lutung Kasarung..dan saat bertanding sabung ayam, Ciung bukan bertanding dengan ayahnya melainkan dengan kakaknya, Banga.
    Agak dibingungkan dini hari tadi karena saya sedang menulis mengenai mitos-mitos indera keenam dan ide yang muncul mengambil legenda yang ada di Jawa Barat.
    Namun sudah jelas saya lebih mempercayai info Pasundan ini,
    maklumlah, emak saya sudah sejak lama autis sinetron jadi ingatan legenda muali mengabur.
    J(^_^)L

  • rizna says:

    wooiiiiii……!!!!!!!!
    bhs.inggrisnya mana?????????
    kasih doong…….!!!!!!

  • reny says:

    dikira aku ada b.inggris nya ???
    adain dong b.inggris nya !!!

  • rega says:

    bang ko g da banhasa ingriss nya

  • Kabar Berita says:

    Berkunjung ke blog sahabat.,.,Salam kenal.,,., :)

  • onggara says:

    Minta izin pakai cerita.tq before., semoga pasundan tambah jaya.
    gayajogja.blogspot.com

  • Setahuku says:

    Informasi yang sangat menarik sekali….Kunjungan ke sahabat sahabat blogger..salam kenal dan salam sukses.. :)

  • baguzz says:

    woi mana bahasa sunda nya?????/

    kasih dong……………

  • Harsono says:

    In West-Jawa(Indonesia-Java) where exactly Regency of Bandung, there is a very beautiful recreation place that is Mountain of Tangkuban Perahu. The meaning of Tangkuban Perahu is an Upside-Down Ark. the name was given as the shaoe just like an Upside-Down ark. It seems that according to the native of Parahyangan, The Mountain certainly as is an Upside-Down Ark. that were the following tale…

    Thousands of Years ago, the land of Parahyangan was rule by a king and a queen who has only a princess. The princess name is Dayang Sumbi. She is very beautiful and inteligent, but its a little pity that she also very pampered. One day while she was weaving at terrace of the palace, Dayang Sumbi felt weak and faint. So she dropped the sewing spun to the floor for continuosly . When her sewing spun had dropped for so many times, Dayang Sumbi was angry
    so she vowed, herself will married to anybody who wanted to pick the sewing spun of her. Just after she finished her vow, there is a sacred hound which called Tumang coming and given back her sewing spun right to arm of the Dayang Sumbi. So eager or not, as her vowed before, Dayang Sumbi must married to the Hound.

    Dayang Sumbi and Tumang had life happily so they were blessed a son with human shape but possessed sacred power from his father. the name of this son is Sangkuriang. In his growing moment, Sangkuriang was used to accompany and playing with an hound which its
    name is Tumang where he acknowledged as a loyal hound, not as his father. Finally Sangkuriang became a brave and handsome man.

    One day Dayang Sumbi order her son and with the hound to go for hunting the deer for the need of banquet. After sometimes without any prey, Sangkuriang felt despair, but he didn’t want to let her mother down. Thereupon desperately he picked an arrow and point it onto Tumang. As his arrival to home, he presented a flesh of Tumang for he mom. Dayang Sumbi thought it was flesh of deer, and felt happy on behalf of the successful of her son.

    Soon after the banquet over, Dayang Sumbi remind Tumang and question to her son where Tumang was. Sangkuriang was nervours at first, but at last he told to his mother what was happening. Dayang Sumbi was very angry and in her fury she hit exactly forehead of Sangkuriang
    till unconscious. On behalf of what she had one, Dayang Sumbi was outcasted from thekingdom by her father. Fortunaly Sangkuriang was save but the damage by her mother has left a wide scar on his forehed. On his mature, Sangkuriang had his journey to experienced
    the world outside the kingdom.

    Several years had pass, Sangkuriang met a very beautiful woman, soon he had falling in love to the woman. the woman was her mother himself, but they couldn’t recognize each other. Sangkuriang proposed married to the woman, Dayang Sumbi had happily accepted. a day before the wedding, when she caressed her fiance hair, Dayang Sumbi saw a wide scar on Sangkuriang’s forehead, finally she realize that she just almost married to her own son. Dayang Sumbi try
    to ruin the wedding after know everything. After thinking so long she had decided to make a condition for the wedding which would be impossible to granted by Sangkuriang. The condition is: Sangkuriang had to build a dam which the size were able to cover the hills and a ark for tracing a long the dam. All must be done before dawn.

    Sangkuriang had begun to build. His love to the woman was so great had given him a bizarre power. Never forgot, he used his power originally from his father also to call upon the spirits and helped him. with the mud and soil they block the water from the
    river and fountain. A moment before dawn, Sangkuriang had cut down a huge tree to build an ark. The time Dayang Sumbi saw that Sangkuriang almost done his work, she prayed to the Gods for interfere her son’s work and hasten the morning.

    A roster was crowing, the sun rising faster than usual and Sangkuriang had realize that he was fooled. In his fury he cursed Dayang Sumbi and kick the ark made by himself which is almost finish onto the middle of forest. The ark had been kick turn upside-down there and forming mountain of Tangkuban Perahu(an ark of upside-down). not far from the location can be seen the residue of the huge tree which is cut down by Sangkuriang has form a hill which is known as Bukit Tunggul(Tungguk Hills). The Dam which was made by Sangkuriang has cause all the hills covered with water and form a dam where Sangkuriang and Dayang Sumbi immersed themself and never been seen anymore till these days.

  • abdillah pezkend says:

    ceritanya menarik saya suka banget

  • Quality content is the crucial to be a focus for the people to visit the site, that’s what
    this web site is providing.

  • I like it when individuals come together and share thoughts.
    Great website, stick with it!

  • Micheline says:

    Ticket agency also sells cheap Lady Gaga tickets as well as Lady
    Gaga Monster Ball Tour dates for all concert events. At the 2007 BET Awards, Ross was presented with a Lifetime Achievement Award by singer Alicia Keys and
    her 5 kids. Rather than lie to your parents, tell them the truth.

  • Cornelius says:

    Excellent post. I was checking constantly this
    blog and I’m impressed! Extremely helpful
    info particularly the last part :) I care for such information a lot.
    I was looking for this certain information for a very long time.
    Thank you and good luck.

  • Demetra says:

    Hi! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be okay.

    I’m undoubtedly enjoying your blog and look forward
    to new updates.

  • Ramon says:

    Hi, yeah this article is actually fastidious and I have learned lot of
    things from it on the topic of blogging. thanks.

  • Jenna says:

    Just want to say your article is as astonishing. The clarity in your post is just excellent and i can assume
    you’re an expert on this subject. Well with your permission allow
    me to grab your RSS feed to keep up to date with forthcoming post.
    Thanks a million and please keep up the enjoyable work.

  • obviously like your web-site however you have to check the spelling on several of your
    posts. A number of them are rife with spelling issues and I to find it very bothersome to
    tell the truth then again I’ll definitely
    come back again.

  • cc.org says:

    Hello it’s me, I am also visiting this site daily, this
    web page is genuinely fastidious and the people are truly sharing
    pleasant thoughts.

  • Chadwick says:

    It’s dog training techniques hard to pinpoint which methods are implemented.
    Treats and PraiseDog treats are needed and RSVP’s are preferred.
    A dog’s neck muscles are very watchful and alert.

    Here is my web site wikipedia.org (Chadwick)

  • If some one desires expert view on the topic of running a blog
    after that i suggest him/her to pay a visit this webpage,
    Keep up the fastidious work.

    my web site :: phen375 walmart

  • Ensure that the work done is effective and perfect.
    Warning signs will be placed around your property to keep anyone outside of the structure while the gas is circulating and killing the termites.

    Try using hairspray to get rid of bees, hornets, or wasps.

  • AppBackup is a marvelous utility that allows you totally backup the memory of your IPod Touch.
    You can select a new service supplier that provides the
    very best prices in city! Soon, you will not be in a position to place it down!

  • You are able to do this when viewing TV and sometimes even cooking.
    Under 300 watts, I am talking about those by that. When venturing out of purchasing a cheap TV in search everyone
    does forget the purpose.

  • yahoo says:

    I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it up!
    I’ll go ahead and bookmark your website to come back later.

    Many thanks

  • SBSetting is a should have function for an iphone four.
    This will be the simplest and safest method to conceal Cydia in your iPhone.
    But it is strongly suggested to backup the information initial before do
    this procedure.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.