Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Bandung
Kuliner
Wisata
Home » Info Tips

Hal Yang Menyebabkan Gagal Ginjal

Submitted by on 24/10/2017 – 16:42
Share Button

Ginjal adalah fungsi utama dalam menyaring darah, memproduksi hormon, menghasilkan urin, menyerap mineral, menetralkan zat asam, dan menghilangkan toksin. Hindari semua hal yang bisa merusak ginjal, kerusakan atau penurunan fungsi ginjal seringkali tidak dirasakan atau tak diketahui selama bertahun-tahun oleh masyarakat, apabila ginjal masih bisa melakukan fungsinya minimal 20% dari keadaan normalnya.

Oleh karena itu penyakit ginjal juga sering disebut sebagai penyakit diam-diam. Itulah alasannya mengapa sangat penting bagi kita untuk selalu merawatnya baik-baik sebelum terlambat termasuk menghindari hal-hal umum yang menempatkan resiko terhadapnya. Berikut ini adalah kebiasaan umum yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal karena tidak melakukan program diet sehat diantaranya :

1.Kurang minum air

Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah serta menghilangkan racun dan limbah sisa metabolisme tubuh. Dan apabila kita sering tidak minum air dalam jumlah yang cukup, maka racun limbah tubuh akan menumpuk dan bisa menyebabkan kerusakan parah pada ginjal kita.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi garam

Tubuh kita sebenarnya membutuhkan natrium dari garam untuk menjalankan fungsinya dengan benar. Namun kini banyak orang namun yang mengkonsumsi terlalu banyak garam, yang tentunya bisa menaikkan tekanan darah, yang pada akhirnya akan membebani ginjal. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah pada ginjal lebih tinggi daripada tekanan darah pada tubuh secara keseluruhan. Konsumsi garam yang sehat, secara praktisnya yang baik adalah tidak lebih dari 5 gram setiap hari.

3. Mengkonsumsi gula secara berlebihan

Studi secara ilmiah menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi dua atau lebih minuman yang manis setiap hari, akan mendapatkan protein dalam urin mereka. Protein yang terdapat dalam urin, merupakan pertanda awal bagi orang tersebut jika ginjalnya tidak melakukan fungsinya dengan sebagaimana mestinya.

4. Sering Menahan pipis

Menahan keluarnya urin akan meningkatkan tekanan pada ginjal dan membebaninya. Jika hal ini seringkali dilakukan, maka bukan tidak mungkin hal ini akan menyebabkan gagal ginjal, memicu batu ginjal, dan inkontinensia. Jadi sebaiknya apa yang diberitahukan oleh tubuh, sebaiknya segera dituruti untuk meminimalisir adanya penyebab gagal ginjal.

Segera baca bagaimana cara mengobati batu ginjal dengan benar disini.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.