Berita »

23/05/2014 – 16:24 | Edit Post

var hupso_services_c=new Array(“twitter”,”facebook_like”,”facebook_send”,”google”,”pinterest”,”email”);var hupso_counters_lang = “en_US”;var hupso_image_folder_url = “”;var hupso_url_c=””;
Pelatih PERSIB Djadjang Nurdjaman memboyong 18 pemain ke Malang untuk melakoni laga tandang menghadapi Arema Cronous di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (25/5). Supardi dan Djibril Coulibaly …

Read the full story »
Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Geografi
Kuliner
Wisata
Home » Kuliner

POM Tahu Lembang

Submitted by on 03/01/2009 – 21:49 28 Comments
Share Button

Berjalan-jalan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, wisatawan akan merasakan sejuknya udara. Bila hendak beristirahat sejenak, mereka bisa menikmati susu murni Lembang yang sudah terkenal itu. Jalur menuju Lembang dari Kota Bandung yaitu melalui Jalan Setiabudhi.

Mendekati Hotel Grand Lembang, dari kejauhan, tampak sebuah stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU). Warna bangunannya merah dan putih. Selain itu, berdiri papan vertikal yang biasanya menjadi media untuk mencantumkan daftar bahan bakar minyak (BBM).

drive-thru

Namun, setelah dimasuki, tampaklah bahwa di tempat itu pengemudi tak dapat mengisi bahan bakar. Lho? Setelah diamati, pada papan vertikal tadi juga tidak dicantumkan daftar BBM tetapi berbagai tulisan seperti drive thru tahu, rest area, toilet, pasar oleh-oleh, dan lain-lain.

Ternyata, bangunan itu adalah tempat penjualan tahu. Sistemnya adalah drive thru , artinya para pengemudi tak perlu turun dari kendaraan. Mereka dapat terus melaju, melanjutkan perjalanan setelah membeli tahu dari sepeda motor atau jendela mobilnya. Tak dapat dipungkiri, sejumlah pengendara telah terkecoh ketika melihat tempat yang menjadi bagian kompleks bernama Wisata Tahu Lembang itu.

Supervisor Operasional Wisata Tahu Lembang Dede Arif mengakui, sebagian wisatawan keliru mengira tempat itu adalah SPBU. Pengendara biasanya membeli juga tahu yang dijajakan. Masyarakat biasa menyebut SPBU sebagai pom bensin.

“Nah, tempat penjualan tahu drive thru itu dinamakan pom tahu. Pom tahu sendiri adalah singkatan dari pusat orang makan tahu,” katanya.

Wisata Tahu Lembang di Jalan Raya Lembang Nomor 177, itu sudah beroperasi sejak 7 Desember 2008. Dede mengatakan, tahu dijual dalam paket. Tahu matang dijual Rp 10.000 per 12 potong. Selain itu, dijual tahu mentah dengan ukuran lebih besar seharga Rp 12.500 per 10 potong.

Adapun lontong dijual dengan harga Rp 5.000 per tiga potong. Selain itu, tersedia susu kedelai rasa anggur, stroberi, dan melon seharga Rp 5.000 per botol. Wisatawan yang datang harus membeli voucher seharga Rp 5.000 yang dapat ditukar dengan susu kedelai atau diskon untuk berbelanja. Pom tahu buka pada pukul 07.00-23.00, toko-toko pukul 09.00-21.00, dan restoran pukul 09.00-23.00.

“Jadi, kami ingin supaya tahu lembang diingat orang. Selama ini, Sumedang saja yang identik dengan tahu,” kata Dede .

Kepala Produksi Wisata Tahu Lembang Muhammad Jamaludin mengatakan, tahu yang dijual Wisata Tahu Lembang berbeda dengan di tempat lain karena memakai susu sehingga gurih. Perbedaan dengan jenis dari Sumedang, isi tahu lembang lebih padat dan lembut. Tahu pun tak menggunakan pengawet.

pom-tahu2

Bagi pengunjung yang singgah, di Wisata Tahu Lembang juga tersedia berbagai fasilitas lain seperti becak mini, all terrain vehicle (ATV), lorong sesat, balon raksasa, motorcross anak, serta adventure fun game yang terdiri dari papan panjat, jembatan tali, dan menuruni jaring.

Mereka yang lapar dapat memesan makanan di restoran atau kios-kios kecil dengan menu antara lain kupat tahu, pastel, batagor, nasi timbel, liwet, ayam bakar, tumis jamur, karedok, sate kelinci, bebek bakar, pisang bakar, gulali, bajigur, sosis bakar, dan cireng.

Kompas

Tags: ,

28 Comments »

  • dea says:

    di tahu lembang ada tahu bulat juga lho…rasanya enak banget!!!
    slama gw d bdg,tiap hari gw ksana cuma buat beli tahu bulat..

    POKOKNYA..KALO MAIN KE TAHU LEMBANG,JANGAN LUPA BELI TAHU BULAT..!!!
    trz ada juga minuman dari jeruk nipis,enak lah..

  • Anas says:

    selain tahunya yang enak, di tahu lembang juga ada BIKA AMBON, wuiihhh ENAK BANGET bikanya!! coba-in dech…….

    BIKA-nya:
    – gurih…….
    – empuk……
    – anget pula.

    ternyata bukan hanya brownies aza yg enak diBANDUNG, sekarang ada BIKA AMBON yang enak pula. emang bdg tuch jagonya kuliner dari dulu sampe sekarang.

  • xxx says:

    Kalo menurutku sih tetep tahu susu nya yg plg unggul diantara semua … yah thema nya jg tahu lembang pasti yg plg top tahunya … lembut padat gurih kulit luarnya renyah dan tipis kalo digoreng … beda dr yg lain dan nikmat … pokoknya tahu susu lembang ini adalah fave ku … tetapi makanan2 yg lainnya pun enak , ada susu kedelai rasa bandrek dan rasa aneh2 jg …

  • tahu lembang enak buat refresh bersama keluarga..
    tapi pelayanannya kurang maksimal…
    saya pesan tahu goreng sampai harus nunggu 40 menit..eh, ternyata hasilnya mengecewakan,kurang enak..padahal saya udah beli 30 biji.

    tp, disana ada satu jenis tipe tahu lagi, namanya tahu bulet,,sama juga sih lama nunggunya,tapi rasa nya tidak mengecewakan..tahu bulet lebih gurih,ada rasa ikannya juga…anak saya juga sampai ketagihan..
    ternyata kata penjual tahu bulat ini, cara goreng dari tahu bulat ada cara sendiri,jd mungkin karena itu rasanya jadi lebih gurih dari tahu susu..saya bawa mentahnya ke rumah, dan sampai sekarang udah banyak pesanan tahu bulet..mas penjual tahu bulat harganya kurangin dung nanti saya borong,saya beli 500 biji deh…
    ajak keluarga anda berlibur ke tahu lembang..!!!
    selain itu, makanan di resto juga enak-enak lho…

  • ruth says:

    Wah , Selamat dan Sukses untuk TAHU SUSU LEMBANG , gebrakan baru untuk Indonesia di akhir tahun 2008 , dengan terciptanya tahu susu yg paling lezat paling lembut paling gurih yg pernah saya makan diindonesia , semoga dapat mempertahankan kualitas dan memasarkan ke pasar yg lebih luas agar kami dari luar kota dapat lebih membeli , kami adalah penggemar tahu , setiap jalan kemanapun kami mencoba tahu di seluruh negara , ternyata tahu susu tidak kalah dengan tahu goreng di thailand , tahunya tidak terlalu asin , tetapi lembut dan gurihnya tahu susu sangat terasa , buat dilidah kami yg tidak makan yang terlalu asin semua rasanya uda pas sekali , bravo tahu lembang , tahu kebanggaan indonesia ….

  • fenny says:

    Kalo kata gua yang paling enak itu combro dan misronya, di tahu lembang combronya itu beda sama combro-combro yang lain, rasanya unik. cobain dech.. Oh iyah kemarin hari sabtu gua pergi ke tahu lembang, trus karena agak sepi jadi bisa ngobrol sama beberapa penjualnya, mereka ramah-ramah (apa karena mereka yang jualnya yach.. hihihi), ternyata combro dan misro bisa dijadikan oleh-oleh, minta mereka goreng setengah matang, trus kalo udah sampe rumah taruh di kulkas, trus tadi pagi gua goreng tuch combro, eh rasanya malah tambah enak bangeut.. cobain dech trus kasih komentarnya ke gua. hehehe

  • Michael says:

    iya ! maju terus tahu lembang ! soal rasa n comment krn saya penggemar berat …saya cuma mau comment ttg bika ambon yg menurut saya dibawah standart , bahkan bika ambon yg di pasar pun jauh lbh enak , tidak gurih tidak kenyal sarangnya tak bagus , ini pengakuan saya yang paling jujur , maaf ya , kok itu yg memuji bika ambon bkn seperti comment , malah seperti iklan ya , saya mengerti bika ambn krn saya adalah penggemar berat bika ambon , maaf comment bika ambon yg berlebihan takut nya mengecewakan pelanggan ,jadi tolong untuk bika ambon diperbaiki ya kualitas nya ….

  • Budi says:

    minggu lalu saya dan keluarga saya jalan jalan ke lembang, trs saya melihat bangunan besar n banyak pengunjungnya. jadi saya mampir kesana. pertama liat saya terkesan melihat ide kreatif dari tmp disana. ada seperti pom bensin. ternyata itu tmp jualan tahu… lalu saya masuk.saya disuruh membayar karcis 5 rb, untuk ditukar dengan susu kedelai. setelah bayar saya tukarkan, ternyata susu kedelainya enak, ad stroberi mocca melon.

    lalu saya dan keluarga menuju tempat plg penting disini, yaitu pabrik tahu. saya melihat2 pabrik tahu di luar kaca. kemudian saya memesan tahu. ternyata banyak yang ngantri. sambil nunggu saya mengelilingi stand.di sana terdapat batagor,mie kocok,kupat tahu. selain makanan tersedia juga snack2 yang unik di sini.yang paling menarik bagi saya adalaah kue jahenya. di lembang yang cuacanya dingin sangat cocok makan yang anget – anget.

    trus saya nyoba bika ambonnya. tapi ga seenak yang dibilang orang – orang ah.. malahan enak yg ada di karmel menurut saya… sangat berlebihan menurut saya komentarnya, seakan – akan mau promosi aja..

    kemudian anak saya makan kupat tahu dan saya coba.. rasanya sudah cukup bagi saya, tapi sayang porsinya terlalu sedikit…

  • admin says:

    Wah sayang saya gak coba Bika Ambon nya waktu kesana :) jadi belum bisa komentar apakah benar enak atau tidak.
    Minggu depan ada libur satu hari mudah-mudahan bisa mampir kesana. Dan mudah-mudahan juga ada duit buat beli Bika Ambon nya :D

  • Budi says:

    minggu lalu saya dan keluarga saya jalan jalan ke lembang, trs saya melihat bangunan besar n banyak pengunjungnya. jadi saya mampir kesana. pertama liat saya terkesan melihat ide kreatif dari tmp disana. ada seperti pom bensin. ternyata itu tmp jualan tahu… lalu saya masuk.saya disuruh membayar karcis 5 rb, untuk ditukar dengan susu kedelai. setelah bayar saya tukarkan, ternyata susu kedelainya enak, ad stroberi mocca melon.

    lalu saya dan keluarga menuju tempat plg penting disini, yaitu pabrik tahu. saya melihat2 pabrik tahu di luar kaca. kemudian saya memesan tahu. ternyata banyak yang ngantri. sambil nunggu saya mengelilingi stand.di sana terdapat batagor,mie kocok,kupat tahu. selain makanan tersedia juga snack2 yang unik di sini.yang paling menarik bagi saya adalaah kue jahenya. di lembang yang cuacanya dingin sangat cocok makan yang anget – anget.

    trus saya nyoba bika ambonnya. tapi ga seenak yang dibilang orang – orang ah.. malahan enak yg ada di karmel menurut saya… sangat berlebihan menurut saya komentarnya, seakan – akan mau promosi aja..

    kemudian anak saya makan kupat tahu dan saya coba.. rasanya sudah cukup bagi saya, tapi sayang porsinya terlalu sedikit…

    setelah itu saya mengantar anak saya untuk pergi menikmati permainan yg ada di sini. so far sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga..

    akhirnya saya mengambil tahunya, saya coba dan anak anak saya bilang tahunya enak sekali. memang benar tahu yg saya makan beda dari tahu yg lain. luarnya kering tp dalamnya empuk bgt..

    ga nyesel bw keluarga datang untuk kembali kemari.

    trimmmsss… sukses buat tahu lembang

  • Sherly says:

    Kalo kata gua sich, bika ambonnya enak… jangan bilang dibawah standar segala, kesannya engga enak sekali..
    selera orang kan beda-beda.. kalo kata gua enak sich, engga kalah kayak yang dikarmel.. trus tahu bulat enak juga.

  • Sumarno says:

    pertama2 saya mau ucapkan selamat&sukses buat tahu lembang…
    beberapa hari lalu saya bersama keluarga berkunjung kesana,, dan disana tersedia kupon penukaran susu kedelei.. tambah lagi dong rasa-rasa nya… duren enak tuh… hehe..
    disana saya mencoba tahu goreng nya,, saya kaget lihat antrian nya.. tp saya menjadi penasaran, dan sambil menunggu saya melihat2 sekitarnya.. ada mie kocok yg enak, pas dilidah.. selain itu ada makanan2 ringan.. ada batagor kering, kue jahe, dan beberapa mcm lg.. di jakarta blm ada tuh.. kemudian ada olahan pisang, yg menurut saya unik sekali.. dan ternyata rasa nya pun enak juga yah.. ngomong2 itu bika ambon promosi atau beneran ada org comment nih? heboh banget yah.. hehe… laen kali mau coba deh… restoran sunda nya juga enak.. top abis… biasa saya ke lembang makannya cuma gitu2 aja,, tp restoran sunda nya bikin ga bosen deh.. enak dan harga nya pun tidak mahal… tambah menu2 lagi dong.. bikin jg dari olahan2 tahu..

  • Sumarno says:

    pertama2 saya mau ucapkan selamat&sukses buat tahu lembang…
    beberapa hari lalu saya bersama keluarga berkunjung kesana,, dan disana tersedia kupon penukaran susu kedelei.. tambah lagi dong rasa-rasa nya… duren enak tuh… hehe..
    disana saya mencoba tahu goreng nya,, saya kaget lihat antrian nya.. tp saya menjadi penasaran, dan sambil menunggu saya melihat2 sekitarnya.. ada mie kocok yg enak, pas dilidah.. selain itu ada makanan2 ringan.. ada batagor kering, kue jahe, dan beberapa mcm lg.. di jakarta blm ada tuh.. kemudian ada olahan pisang, yg menurut saya unik sekali.. dan ternyata rasa nya pun enak juga yah.. ngomong2 itu bika ambon promosi atau beneran ada org comment nih? heboh banget yah.. hehe… laen kali mau coba deh… restoran sunda nya juga enak.. top abis… biasa saya ke lembang makannya cuma gitu2 aja,, tp restoran sunda nya bikin ga bosen deh.. enak dan harga nya pun tidak mahal… tambah menu2 lagi dong.. bikin jg dari olahan2 tahu.. rasa tahu lembang ya huddd… enak banget… tp coba donk tambah pegawe+penggorengannya…jangan sapai org marah2 karna antrian nya panjang… and yg buat di pom tahu, saya coba rasa nya tidak seenak yg di dalem,, karna rasanya sudah dingin dan tidak kering.. laen kali coba jgn terlalu lama tahu di biarkan, jd rasa tahu sudah tidak se enak di dalem, pom buat drive thru.. bakal banyak yg kecewa kalo msh seperti ini…

  • andro says:

    okeh,..tahuna yummy, cozzy di lidah ,cucok bwat di maem panas panas dengan tekstur daleman tahu yang seakan akan “melt” di lidah,…halaah,…ini bukan promo, bukan juga comment nan lebay,….

  • asep kurnia says:

    As.wr.wb.
    Wah boleh juga nih budak bandung berkreasi
    Itu yang ngak dipunyain daerah lain, sono euyyy ka bandung

  • tahu67 says:

    wah pada ngomongin tahu lembang jadi ingat ada temen yang nanyain tempat beli tahu yang katanya sekaligus bisa lihat proses bikin tahunya. ada restonya segala. ada yang gak tahu gak? terus tahu lembang ini ada no telp nya gak seh?

  • admin says:

    @tahu67 : sepertinya teman nya lagi bicarain tahu lembang :) memang tempat nya seperti itu..
    No telpon nya ada di brosur nya tapi sayang hilang :D
    Nanti saya update kalau mampir lagi kesana.

  • ateng says:

    buat fans tahu lembang kemarin gua pesan via telp,ternyata bisa delivery order juga lho,no telponnya 022-2789008

  • ateng says:

    no telp tahu lembang 022-2789008

  • Dila says:

    Terima kasih atas informasinya. Sangat berguna bagi kami yang akan berwisata ke bandung.

  • indra says:

    tahu lembang ini setelah maribaya atu sblum maribaya klo dari arah subang( tangkuban perahu ).. kyknya enak juga bwt bwa ibu2 arisan
    tks

  • Mega says:

    @ indra : tahu lembang lokasinya dsebelah kiri,sebelum grand hotel lembang. jl. raya lembang 177 (022)2789008/085222333207
    emang pas bgt tuw bwt ibu2 arisan…
    dr mulay jajanan pasar, pernak-pernik rumah jadoel, accessories yg bs bqn sndr, supermarket oleh2 yg isinya variatif bgt, ampe take away “tahu susu” mentah khas bgt…
    ga bakalan ada lg d one stop shop tahu n friends yg ky gt…
    poll!!
    o iy…
    bnyk objek yg bs dijadiin background foto yg TOP jg…
    So narciser common get all of it…

  • luthi says:

    dear all,
    weekeend kemaren gw seneng banget,
    sama temen-temen se kampus,
    maen ke bandung,sambil belanja sekaligus kita wisata kuliner,
    kita mampir ke tahu susu lembang,
    yang sering diomongin sama orang-orang di kampus,
    emang bener sih enak banget,
    apalagi kupat tahunya,
    wah enak banget deh,
    selain itu pelayanannya juga sangat memuaskan,
    apalagi kita diberikan penjelasan mengenai proses pembuatan tahu susu lembang,oleh pak ady
    kita jadi tahu dan mengerti gimana sih proses pembuatan tahu susu lembang,
    pokoknya gak nyesel banget deh pas kemaren datang ke bandung,
    dan nyobain kupat tahu lembang,

  • rudi says:

    itu tahu yang paling enak dan gurih……
    bagi yang belum coba cepetan datang ke kota bandung,yang letaknya di daerah lembang….

  • timin says:

    ko gda CP nya ya ??

  • arci says:

    saya dah mondar mandir di bandung selama 4 tahun, dan baru mampir ke tahun lembang 2 minggu lalu, masuk ke drive thru nya, mo nyaba beli 1 porsi, pas dah keluar dan nyobain, gubraaaakkkk….saya nyesel beli satu porsi hehehehehe…ternyata enak, luarnya kering dalemnya pooll..manteb…, kebetulan saya penggemar tahu hehehehe..

  • rere says:

    klo gw sich suka bgt sm tahu susu lembangnya, wuiiih makyossss… pertama kali gw makan sm suami gw, rasanya luar biasa uenakkk, sampe tau2 ga berasa udah abis dimakan berdua, hi… 9x, trs akhirnya gw bela2 in nitip sm kurir buat beliin tahu lembang 7 bungkus yg mentahnya, ntr gw goreng sendiri dech dirumah, kan lumayan jauh rumah gw di jakarta, jd gw nitip aja sm kurir yg tinggal di bandung, he…9x, sukses dech buat tahu susu lembang :)

  • elfhat says:

    sumpah gw gak bohong ini tahu lembut banget gw ketagihan coy,,ayo cobain ya kalau ke lembang

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.