Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Info Kuliner
Info Wisata
Wisata
Home » Featured

Pesona Keindahan Kawah Putih

Submitted by on 17/05/2014 – 17:30 One Comment
Kawah Putih

Bosan liburan di kota Bandung dan hanya mengunjungi factory outlet, theme park, mall, atau pusat perbelanjaan? Tenang, saya punya rekomendasi tempat wisata alam yang tidak terlalu jauh dari Bandung. Tempat itu adalah Kawah Putih.

Berada di ketinggian 2434 mdpl di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, Kawah Putih menawarkan sejuta pesona yang sulit dilupakan.

Letusan Gunung Patuha berabad-abad yang silam membentuk kawah berupa danau dengan air yang tampak berwarna putih dan sedikit kehijauan. Warna danau yang merupakan perpaduan dari belerang dan tanah kapur ini berubah-ubah sesuai suhu dan cuaca. Danau kawah dikelilingi oleh  beragam pohon kecil yang ditumbuhi lumut. Keindahan Kawah Putih terasa semakin lengkap dengan tebing kapur yang berdiri kokoh di sebelah utara danau.

Sumber gambar : klik di sini

Sejarah Kawah Putih

Menurut para ahli, Kawah Putih terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang terjadi pada abad X dan XII. Dahulu Kawah Putih menyimpan misteri dan cukup angker bagi masyarakat sekitar. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, di puncak gunung terdapat 7 makam para leluhur, yaitu Eyang Jaga Satru, Eyang Rangga Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom dan Eyang Jambrong. Keangkeran Kawah Putih semakin menguat dengan jarangnya burung yang melintasi kawasan ini. Kalaupun ada, burung itu akan mati.

Kepercayaan masyarakat ini perlahan-lahan mulai terbantahkan, ketika pada tahun 1837 seorang Belanda keturunan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) berkunjung ke Ciwidey. Fenomena burung yang mati setelah melintas di atas kawah menarik perhatian Franz Wilhelm. Dengan latar belakang dan pemahaman ilmiah, tentu saja alasan mistis ini tidak begitu saja dipercayai Franz Wilhelm. Franz Wilhelm kemudian melakukan penelitian dan menemukan sebuah danau dengan air yang berwarna hijau dengan semburan lava belerang, di beberapa lokasi juga tercium bau belerang yang sangat menyengat. Kandungan belerang yang cukup tinggi inilah yang menyebabkan banyaknya burung mati saat melintasi kawasan tersebut.

Pemerintah Belanda kemudian mendirikan pabrik belerang yang di beri nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Usaha tersebut di lanjutkan pada masa pemerintahan Jepang dan namanya berganti menjadi Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey.

Tahun 1987 PT. Perhutani unit III Jawa Barat, Banten mulai mengembangkan kawasan Kawah Putih sebagai obyek wisata.

Bagaimana caranya sampai ke Kawah Putih?

Banyak jalan menuju Kawah Putih yang bisa dilalui, baik dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, rute alternatif menuju kawah putih yaitu melalui tol Buah Batu – Bojongsoang – Dayeuhkolot – Banjaran – Soreang – Ciwidey – Kawah Putih. Lebih lengkapnya bisa lihat peta di bawah ini.

Peta Kawah Putih

Peta Kawah Putih

Bagi rombongan wisatawan baik dalam/luar negeri yang tidak ingin dipusingkan dengan rute menuju Kawah Putih, sekarang ini banyak travel yang menyediakan paket wisata ke Kawah Putih. Sementara bagi para backpacker, tidak perlu khawatir, karena banyak transportasi umum yang bisa menjadi pilihan untuk bisa sampai ke Kawah Putih.

Dari manapun Anda berasal, rute pertama yang harus Anda lalui ialah Terminal Leuwi Panjang Bandung, kemudian dilanjutkan ke lokasi Kawah Putih dengan menggunakan kendaraan umum sebagai berikut :

  • Dari Terminal Leuwi Panjang naik Bus atau Mini Bus (L300) jurusan Bandung – Ciwidey, dan berhenti di Terminal Ciwidey.
  • Dari Terminal Ciwidey naik Angkutan Umum (angkot) jurusan Ciwidey – Situ Patenggang yang berwarna kuning, dan turun di pintu Gerbang Kawah Putih.
  • Dari Pintu Gerbang Menuju Lokasi Kawah menggunakan angkutan yang disediakan pengelola Obyek Wisata yaitu mobil shuttle dengan tarif Rp. 10.000,- per orang

Berapa uang yang harus dipersiapkan untuk menikmati wisata alam Kawah Putih?

Ketika saya berkunjung ke Kawah Putih bulan Oktober 2013 yang lalu, harga tiket masuknya relatif murah, hanya Rp. 15.000- per orang. Harga ini hanya berlaku untuk wisatawan domestik. Sementara wisatawan mancanegara dikenakan harga Rp. 30.000,- per orang.

Tersedia dua areal parkir untuk para wisatawan yang berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi, yaitu tempat parkir  bawah yang berada dekat gerbang masuk, dan tempat parkir atas yang berada dekat kawah.

  • Tarif Parkir Bawah :

– Kendaraan roda dua (motor) dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,-

– Kendaraan roda empat (mobil) dikenakan tarif sebesar Rp. 6.000,-

Jika kendaraan parkir di bawah, maka untuk sampai ke kawah dapat dilanjutkan dengan naik mobil shuttle (Ontang-anting) dengan tarif seperti yang telah di jelaskan di atas.

  • Tarif Parkir Atas :

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat yang kondisinya cukup prima untuk melalui tanjakan yang cukup terjal, dan hendak parkir di atas, siap-siap untuk merogoh kocek sebesar Rp. 150.000,-. Jadi jika di dalam mobil Anda ada 4 orang, maka uang yang harus dikeluarkan adalah Rp. 210.000.

Mahal? Tidak juga. Kalau tidak mau bayar lebih, tinggal parkirkan kendaraan di parkir bawah lalu jalan kaki saja menuju puncak yang berjarak kurang lebih 5 km. Dijamin, sampai ke puncak kaki Anda terasa pegal :D

Selain biaya di atas, kalau perut Anda terasa lapar, di parkir bawah tersedia berbagai warung makanan. Saya sarankan memilih menu mie rebus. Entah kenapa, disamping karena jarang mengonsumsi mie rebus, saya merasa mie rebus di pegunungan seperti ini seringkali terasa sangat nikmat. Di parkir bawah ini juga ada banyak kios yang menyediakan cindera mata khas Kawah Putih.

Jadi tinggal hitung saja ya, berapa kira-kira uang yang diperlukan untuk sampai ke Kawah Putih :)

O iya, jangan lupa untuk membekali diri dengan jaket dan masker. Mengingat suhu di kawah yang bisa mencapai 10 derajat celcius, dan juga asap belerang yang sangat beracun.

Selamat berlibur!

Tags: , , ,

One Comment »

  • makeup tips says:

    , Few Alternatives to Testing on Animals”, the US manufacturer behind the drug, tests for the correct human dosage of each batch, by injecting it into lab mice. Before joining hands with Angelo, hee actually spent time experimenting onn the formulas that were made bby Vistor Casale. However,putting on minerdal make-up doesn’t complete you completely. ‘ Read what previous customers have to say about a particular company.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.