Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Info Kuliner
Info Wisata
Wisata
Home » Advertise

Tips Berwisata ke Pantai Lovina Bali

Submitted by on 31/12/2016 – 16:44

Sudah musim liburan nih. Teman-teman berlibur ke mana? Ke gunung? Atau ke pantai? Biasanya musim liburan seperti ini, Bali menjadi tujuan utama banyak wisatawan. Nah, buat teman-teman yang memilih berlibur di Bali, di sana ada lho pantai di mana teman-teman bisa melihat langsung lumba-lumba di alamnya. Di mana lagi kalau bukan di Pantai Lovina Bali.

Berada di desa Kalibukbuk, sekitar sembilan kilometer sebelah barat kota Singaraja – ibukota Kabupaten Buleleng, Pantai Lovina memang identik dengan lumba-lumba. Di pantai yang berpasir hitam ini, lumba-lumba bisa ditemukan hidup dengan bebas di dalam laut. 

Tak hanya lumba-lumba, di kawasan ini juga terdapat tempat untuk melestarikan terumbu karang. Jadi, teman-teman bisa menyaksikan keindahan biota laut dengan snorkeling atau diving. 

Nah, mengingat jarak dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke Pantai Lovina ini cukup jauh, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar rencana berlibur menyaksikan lumba-lumba di Pantai Lovina ini berhasil. Yuk, simak satu per satu.

  • Pantai utara Lovina berjarak sekitar 120 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan. Jika teman-teman menginap di Kuta, sebaiknya bangun maksimal jam 3 pagi, karena lumba-lumba muncul di pagi hari mulai jam 5 sampai kira-kira jam 9.  
  • Jalan menuju Pantai Lovina dari Denpasar cukup berkelok. Jadi sebaiknya siapkan diri teman-teman, terutama bagi yang sering mengalami mabuk ketika naik kendaraan. 
  • Kalau tidak ingin terlalu tergesa-gesa dan agar tubuh lebih fit ketika berburu atraksi lumba-lumba, ada banyak pilihan akomodasi di sekitar Pantai Lovina. 
  • Gunakan perahu yang disewakan oleh nelayan setempat. Biasanya satu perahu bisa memuat 5 penumpang. Nantinya nelayan akan membawa teman-teman menelusuri tempat di mana kawanan lumba-lumba sering muncul.
  • Lumba-lumba tidak selalu muncul di tempat yang sama. Tapi tidak usah khawatir, kalau ada salah seorang nelayan melihat kawanan lumba-lumba, maka ia akan memanggil nelayan lain menuju lokasi lumba-lumba.
  • Faktor yang paling mempengaruhi kemunculan lumba-lumba adalah cuaca. Lumba-lumba akan lebih tertarik muncul ke permukaan ketika cuaca cerah. Jadi, perhatikan juga cuaca ketika berlibur.
  • Siapkan kamera kapan saja. Siapa tahu tiba-tiba lumba-lumba muncul tepat di samping perahu teman-teman?

Selain Pantai Lovina, ada beberapa tempat wisata yang bisa teman-teman kunjungi selama berada di kawasan Bali Utara. Misalnya tempat wisata air terjun Gitgit, Sekumpul, Les dan Munduk.

Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit

Jangan lewatkan tempat wisata sumber mata air panas Banjar yang cocok untuk relaksasi tubuh. 

Selamat berlibur!
 

 

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.