Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Info Kuliner
Info Wisata
Wisata
Home » Advertise

Tip nyaman liburan bersama anak

Submitted by on 23/06/2016 – 16:55

downloadLibur lebaran tahun kemarin, mertua mengajak saya dan anak-anak ke Pangandaran. Tadinya sih malas, mengingat perjalanan yang lumayan jauh. Apalagi anak-anak belum pernah melakukan perjalanan jauh seperti itu. Tapi anak-anak juga tertarik dengan ajakan Nin dan Abahnya. Jadi ya sudah, tak ada salahnya mencoba mengajak anak-anak berlibur agak jauh.

Perjalanan dimulai malam hari, dengan harapan tiba di Pangandaran bertepatan dengan matahari terbit. Tapi ternyata jalanan saat liburan macet luar biasa. Matahari terbit tidak terkejar. Perjalanan pulang pun bisa dipastikan akan kembali macet. Karena tubuh perlu istirahat dan tidak mungkin juga tidur di mobil, akhirnya kami memilih mencari penginapan murah di Bandung untuk keluarga.

Meski rencana awal kami hanya melakukan perjalanan pulang pergi, tapi dari rumah saya sudah menyiapkan beberapa hal, jaga-jaga siapa tahu kalau sampai harus menginap. Dan ya, ternyata memang benar harus menginap.

Berikut, beberapa persiapan yang saya lakukan saat mengajak anak berlibur kemarin.
  • Membawa Pakaian Secukupnya
Meski berencana pulang pergi, anak-anak tetap harus membawa pakaian ganti. Tentu saja jangan terlalu berlebihan. Untuk perjalanan selama 2 malam 2 hari kemarin, saya menyiapkan masing-masing 4 set pakaian untuk seluruh anggota keluarga. Empat set pakaian tersebut adalah 1 pakaian tidur, 1 pakaian santai, dan 2 pakaian bepergian.
  • Siapkan Air Mineral dan Cemilan

Mengajak anak menempuh perjalanan jauh tentu saja perlu persiapan yang matang. Jangan sampai terlupa, siapkan air mineral dan cemilan untuk mencegah anak dehidrasi ataupun kelaparan.

  • Bawa Mainan kesukaan Anak-Anak
Tidak ada salahnya membawa mainan yang disukai anak-anak agar anak-anak tidak jenuh ketika duduk berjam-jam di dalam mobil. Pun ketika mereka harus menginap di hotel yang notabene merupakan tempat asing bagi mereka.
  • Amankan Benda-Benda di Kamar Hotel
Nah, ini yang juga tak kalah penting. Perhatikan tempat tidur, kursi, ujung meja, telepon, lemari es dan televisi. Yang namanya anak-anak seringkali tidak bisa duduk diam begitu saja dan asyik mengeksplorasi lingkungannya.
Sementara tips untuk orang tuanya adalah, istirahat segera ketika anak-anak sudah terlelap dan bangun sebelum mereka bangun. Bereskan sedikit demi sedikit pakaian kotor ke dalam tas dan segera pisahkan ke dalam bagasi mobil. Sehingga ketika check out, barang yang harus kita bawa keluar dari kamar tidak terlalu banyak. Ini juga meminimalisir resiko barang yang tertinggal di dalam hotel .

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.