Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Info Kuliner
Info Wisata
Wisata
Home » Advertise

Mengatasi Nyeri Otot dan Pegal Secara Alami

Submitted by on 24/11/2016 – 08:06 One Comment

Mengatasi Nyeri Otot dan Pegal Secara Alami – Pengertian nyeri otot dan pegal adalah suatu kondisi dimana terdapat rasa tegang pada bagian otot tertentu dan disertai penurunan daya fleksibel otot dalam ketika digunakan untuk bergerak. Efek lain yang menyertainya yaitu terdapat anggota tubuh yang terasa agak nyeri dan kaku atau pegal-pegal. Sebenarnya sangat wajar bagi tubuh yang digunakan untuk beraktivitas mengalami capek dan pegal-pegal. Istirahat yang cukup dan selalu berpikir positif adalah kunci untuk mengatasi rasa capek dan pegal-pegal yang cukup mampu jadi alternatif pemulihan. Namun untuk hasil yang lebih optimal biasanya orang-orang melakukan perawatan tertentu agar nyeri otot dan pegal bisa segera teratasi. Hal ini mungkin disebabkan oleh tuntutan pekerjaan yang selalu menuntut untuk sudah fit dan segar kembali setiap hari.

pegal-linu-01

Nyeri otot dan pegal merupakan masalah yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Salah satu penyebab nyeri otot dan pegal dikarenakan kondisi otot yang tegang. Acapkali aktivitas sehari-hari yang padat, tuntutan deadline yang padat, serta pekerjaan yang menuntut kita untuk bergerak secara cepat yang menyebabkan secara tidak sengaja untuk melakukan gerakan-gerakan yang membuat otot-otot kita tertarik menyebabkan otot kita tertarik dan menegang. Hal tersebut menjadi penyebab umum dari nyeri rasa nyeri dan pegal. Alternatif penyembuhan yang pertama kali dipilih oleh sebagian besar yaitu cenderung lebih menyukai pijat daripada harus pergi ke dokter untuk mendapat penyembuhan secara modern.

Ada beberapa perawatan yang dapat dijadikan untuk mengatasi nyeri otot dan pegal. Di bawah ini akan diberikan beberapa cara perawatan secara alami.

  1. Perawatan dengan menggunakan khasiat minyak cengkeh. Minyak cengkeh dikenal memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya yaitu digunakan untuk nyeri otot dan pegal. Caranya yaitu panaskan terlebih dulu minyak cengkeh, tunggu sampai dingin kembali. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri dan pegal-pegal. Minyak cengkeh ini berkhasiat untuk meringankan rasa sakit dan pegal-pegal.
  2. Mengompres dengan es. Tindakan ini biasanya untuk tindakan pertama untuk mencegah terjadinya pembekakan dan juga sebagai pengurang rasa sakit.
  3. Pemanasan dan peregangan. Hal ini ditujukan sebagai tindakan pencegahan dari keseleo, otot lebih kuat, dan melancarkan darah; sehingga otot lebih siap digunakan untuk beraktivitas.
  4. Daun Rosemary. Daun Rosemary mengandung zat anti peradangan sehingga efektif meredakan nyeri dan mengurangi pembekakan pada otot. Cara pemakaian yaitu rendam daun Rosemary dengan air mendidih, kemudian tunggu hingga suhu turun menjadi hangat atau kira-kira suhu sesuai dengan tubuh.
  5. Garam Inggris. Garam mengandung banyak magnesium mampu untuk mengurangi pembengkakan. Cara penggunaan yaitu dengan membuat larutan garam secukupnya kemudian pada bagian yang nyeri atau bengkak direndam dalam larutan garam.

Demikianlah lima cara alami yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan terhadap gejala nyeri otot dan pegal. Jika rasa nyeri ataupun gejala pembekakan masih saja belum berkurang sejak saat pertama kali terjadi sampai seminggu perawatan menggunakan bahan-bahan alami yang disebutkan di atas, alangkah lebih baiknya untuk konsultasi ke dokter guna mendapatkan diagnosa supaya lebih jelas penyebab dan gejala sakit yang sedang dialami. Selain itu juga mendapatkan pengetahuan tentang solusi lain untuk mengatasi nyeri dan pembekakan, dan sekaligus perawatan apa yang bisa dilakukan selain yang sudah anda coba dari tips-tips di atas. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

One Comment »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.