Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Info Kuliner
Info Wisata
Wisata
Home » Advertise

Kiat Mengatasi Gatal Biduran Pada Anak

Submitted by on 25/06/2016 – 18:35 5 Comments

Pernah menemukan kulit anak memerah dan bentol-bentol di sekujur tubuhnya? Tak jarang anak juga jadi rewel karena gatal yang mendera. Keadaan ini secara medis dikenal dengan istilah urtikaria, atau biduran.

Kiat Mengatasi Gatal Biduran Pada Anak

Biduran dapat terjadi di beberapa bagian tubuh sampai seluruh bagian tubuh dengan ukuran yang bermacam-macam. Biasanya biduran akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa jam.

Beberapa penelitian menunjukkan, gejala bentol-bentol yang disertai sensasi gatal ini terjadi ketika pembuluh darah kapiler pecah dan melepaskan molekul histamin sehingga memicu bentol-bentol yang disertai rasa gatal. Bentol-bentol akan semakin menyebar karena molekul histamin yang ikut menyebar ketika bentol digaruk.

Apa yang menyebabkan biduran pada anak?

Pada umumnya kondisi biduran dikaitkan dengan reaksi alergi. Penyebabnya sendiri bisa berbeda-beda. Berikut adalah beberapa penyebab yang seringkali memicu tubuh mengalami biduran.

1. Makanan.

Beberapa orang menderita alergi terhadap jenis makanan tertentu. Salah satu reaksi yang timbul akibat alergi ini adalah biduran. Beberapa jenis makanan yang dapet memicu alergi adalah susu dan turunannya, kacang, coklat, ikan-ikanan, telur dan turunannya, strawberry, dll.

2. Obat-obatan.

Tak hanya makanan, beberapa orang juga menunjukkan reaksi terhadap obat terutama jenis antiobiotik. Bahkan obat penurun panas serta peradangan golongan ibuprofen juga sering dilaporkan memicu gejala alergi pada beberapa orang. Karena itu penting untuk mencatat riwayat alergi anak.

3. Gigitan serangga.

Gigitan serangga juga sering menimbulkan bentol yang disertai oleh gatal. Ada beberapa jenis serangga yang bisa menyebabkan gatal menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu sekejap.

4. Cuaca.

Pemicu lain terjadinya biduran adalah kondisi cuaca, baik panas ataupun dingin yang berlebih, terlebih jika kita mengenakan pakaian dari jenis bahan yang kurang tepat.

5. Pemicu lainya.

Beberapa orang juga dilaporkan mengalami reaksi alergi jika terpapar polen bunga, ulat bulu, karet, dan bahan kimia tertentu. Bahkan jika kita tidak cermat memilih bedak untuk bayi, kulit anak juga bisa mengalami biduran. Karena itu kita perlu memilih bedak bayi yang aman.
Infeksi jenis virus tertentu juga diduga menjadi pemicu munculnya biduran pada anak balita.

Cara mengatasi biduran

Untuk menghindari biduran menyebar ke bagian tubuh yang lain, sebaiknya hindari untuk menggaruk bentol. Sementara rasa gatal dapat diredakan dengan memberi losion kalamin. Pastikan juga kuku anak rutin dipotong untuk menghindari dampak garukan.

Jika biduran menimbulkan dampak yang lebih parah sehingga anak tak bisa tidur, segera bawa ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan resep antihistamin oral yang dapat meredakan gatal-gatal dengan efektif namun memiliki efek samping menyebabkan kantuk.

5 Comments »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.