Seni & Budaya
Cerita & Legenda
Info Kuliner
Info Wisata
Wisata
Home » Advertise

Belajar menghias kue ulang tahun, yuk!

Submitted by on 21/10/2016 – 18:12 2 Comments

Baraya Pasundan ada yang pernah membuat kue sendiri?  Kalau mimin sih pernah. Dan jujur aja, sejak pertama kali membuat kue ulang tahun untuk anak mimin, mimin jadi ketagihan. Membuat kue, terutama kue tart, memiliki tantangan tersendiri. Buat mimin yang orangnya gak sabaran sih jelas ini tantangan besar.

Kalau kue kering, atau kue bolu biasa kan gak perlu dihias-hias ya. Begitu diangkat dari oven, biasanya juga langsung dicicipi dan ludes seketika. Tapi kalau kue tart mah beda. Setelah matang, kue perlu dihias sedemikian rupa agar tampilannya menjadi cantik dan menarik. 

Ya, meskipun bentuk dan rasanya belum semenarik yang dibeli di toko kue, tapi ada kepuasan tersendiri saat mimin berhasil membuat kue tart sekaligus menghiasnya sendiri.

Menghias kue sebenarnya gak perlu susah-susah koq. Ada banyak cara sederhana agar kue yang kita buat bisa tampil cantik dengan aneka hiasan yang menarik. Lapisi kue dengan buttercream, taburi parutan coklat atau potongan buah, kue ulang tahun pun sudah siap menyenangkan anak-anak.

Gak perlu takut gagal, resep kue tart ulang tahun bisa dengan mudah kita temukan di internet.  Lagipula, orang bilang kalau masakan dibuat pakai cinta, rasanya pasti jadi istimewa. Yang penting untuk disimak adalah beberapa tips sebelum menghias kue ulang tahun.

Penting untuk diingat, kue tidak bisa langsung dihias setekah diangkat dari oven. Karena kue harus sudah benar-benar dingin sebelum dihias, agar kue tidak mudah patah. Agar lebih menarik, kue juga bisa dibagi menjadi beberapa lapis. Tiap lapisan bisa diisi dengan selai, krim, atau isian lainnya.

 

Nah, sekarang tinggal urusan menghias kuenya. Mimin coba cara sederhana, yaitu dengan potongan buah strawberry dan pagar coklat yang menghiasi pinggiran kue.
Pagar coklatnya dari mana? Gampil. Tinggal buat sendiri.
Bahan:

 

  • Kue berukuran sedang (10 cm x 10 cm)
  • 100 gram Dark Cooking Chocolate
  • 200 gram Strawberry
  • 50 gram Gula Tepung

Alat:

  • Plastik mika
  • Piping bag

Cara membuat :

  • Olesi seluruh permukaan kue dengan cream. Agar lebih menarik, cream boleh diberi warna tambahan. Setelah semua permukaan kue diolesi cream, ukur panjang dan tinggi kue. Tambahkan tinggi sepanjang 3 cm. Potong plastik mika sesuai dengan panjang dan tinggi tadi.
  • Lelehkan dark cooking chocolate dengan cara ditim. Panaskan air di atas panci sampai mendidih, kemudian simpan panci yang berisi coklat yang telah dipotong-potong, dan tunggu sampai semua coklat mencair
  • Setelah mencair, biarkan coklat mendingin (sampai 40  derajat celcius) dan masukkan ke dalam piping bag.
  • Buat motif bunga di atas plastik mika dengan menggunakan coklat. Biarkan sampai sedikit mengeras.

  • Tempel coklat di bagian sisi kue. Saat menempelkan coklat ke kue, tekan coklatnya agar benar-benar menempel. Masukkan dalam frezer sebentar hingga cokelat mengeras.
  • Lepaskan plastik mika yang menempel pada coklat, dan tata strawberry yang sudah dicuci di atas kue.
  • Taburkan  gula tepung di atasnya.

Nah, kue indah dan menarik pun sudah berhasil dibuat. Baraya Pasundan tertarik membuat hiasan kue yang sama? Yuk!

 

2 Comments »

  • Raynoch says:

    Slow and steady wins the race. You have to be flexible but still try to maintain a consistent roetinu.Measure your weight loss every week not every day too!

  • http://www./ says:

    Hallo Rianne, bedankt voor je bericht. Je bent echt veel te jong om aan afvallen te denken! Waarschijnlijk zie je er prachtig uit. Het is al fantastisch dat je gezonder eet. Kijk samen met je ouders of verzorgers of je misschien nog meer dingen in je voeding gezond kunt maken. Zorg in ieder geval dat je genoeg eet, dus absoluut niet gaan hongeren want daar word je juist steeds dikker van. Dus lekker gezond eten. Overleg daarnaast of je op een sportclub kunt, doe je aan sport?Groetjes, Inge

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.