Cara Benar Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Agar Mesinnya Tidak Rusak

merawat mobil
Share Button

Jika Anda sering bepergian seperti keluar kota atau keluar negeri dan harus meninggalkan mobil dengan waktu yang cukup lama. Biar mobil terawat selama di tinggal. Ini dia beberapa hal yang harus diperhatikan cara merawat mobil yang jarang dipakai:

Pertama. Pastikan mobil harus dalam keadaan bersih. Artinya, jangan sampai ketika mobil habis terkena hujan langsung kita simpan atau kita biarkan selama satu minggu atau lebih tidak di cuci dan dikeringkan. Itu akan menimbulkan jamur pada kaca, karet-karet mengeras karena berkerak dan lain-lain.

Kedua. Tangki bensin usahakan penuh. Apabila tangki bensin dalam keadaan kering atau bensinnya sedikit, bagian atas bisa saja menjadi kerak. Maka ketika itu dialiri bensin secara penuh, tangki bensin akan cenderung lebih aman dari kering kemudian berkerak.

Ketiga. Lepaskan rem parkir atau rem tangan mobil Anda. Jika rem tangan terus bekerja dan tidak di lepas dikhawatirkan piringan rem dan minyak akan menjadi lengket.

Keempat. Jika meninggalkan mobil dalam waktu lama, hendaknya letakkan pengharum mobil untuk mencegah bau tak sedap atau bau apek selama kamu tinggal.

Kelima. Lepaskan kabel aki atau kepala aki agar mengurangi resiko aki rusak atau kehilangan daya. Saat mencabut aki dahului dengan melepas kabel negatif (-) kemudian kabel positif (+). Kemudian apabila saat memasang aki kembali dahulukan kabel positif (+) lalu kabel yang negatif (-). Kenapa harus dicabut, karena supaya aki masih penuh daya, jadi saat dinyalakan kembali, tidak akan ada daya aki yang berkurang. Tetapi, ada yang harus dipertimbangkan jika ini dilakukan, ada kelemahan jika kita mencabut kabel aki. Positifnya adalah aki kita selalu tersedia daya ketika kita mau menggunakannya kembali. Tetapi ada sisi negatifnya yaitu keamanan mobil kita menjadi off yaitu alarm tidak berbunyi. Karena tidak ada daya untuk mendukung kebutuhan alarm mobil kita.

Keenam. Angkat wifer dari kaca mobil. Jika tidak dilakukan khawatir hal ini akan membuat karet-karet wifer jadi cepat mengeras dan kehilangan kelenturannya.

Ketujuh. Gunakan jack stand untuk mengangkat ban mobil agar tidak menempel dengan lantai. Hal ini penting agar postur ban tidak berubah karena menahan beban mobil di titik yang sama terus menerus.

Kedelapan. Parkirlah mobil di kondisi yang aman, bersih dan usahakan datar. Dan tempat yang terlindungi seperti garasi, serta gunakan sarung mobil khusus agar mobil terlindungi dari cahaya matahari dan hujan yang dapat merusak mobil serta debu yang akan menempel dan menumpuk. Usahakan garasi bersih, jangan sampai ada tikus. Tikus-tikus bisa menggigiti kabel-kabel, seperti kabel kipas lalu putus.

Kalau mobil sudah aman, maka kamu bisa bepergian dengan tenang.

 

 

About Admin 87 Articles
Informasi Tatar Pasundan | Sunda Jawara | Contact : admin@pasundan.info

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*